Blogger news

Resume CCNA 1, Chapter 3


Application Layer

Menyediakan antarmuka manusia untuk jaringan yang mendasari, memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima informasi dengan relatif mudah.Namun, bagi profesional jaringan, penting untuk mengetahui bagaimana aplikasi dapat memformat, mengirimkan dan menafsirkan pesan yang dikirim dan diterima melalui jaringan.
Visualisasi mekanisme yang memungkinkan komunikasi melalui jaringan menjadi lebih mudah jika kita menggunakan kerangka berlapis dari Sistem Interkoneksi Model Terbuka (OSI).lapisan Aplikasi dan komponennya: aplikasi, layanan, dan protokol.



 
Model OSI membagi proses jaringan menjadi tujuh lapisan logis, masing-masing memiliki fungsi yang unik dan yang ditugaskan layanan tertentu dan protokol.



Dalam model ini, informasi dilewatkan dari satu lapisan ke yang berikutnya, dimulai dari lapisan aplikasi pada host transmisi, melanjutkan ke hierarki ke lapisan fisik, kemudian melewati saluran komunikasi ke host tujuan, di mana informasi tersebut melanjutkan kembali hirarki, berakhir di lapisan aplikasi

Lapisan Aplikasi, Layer tujuh, adalah lapisan atas baik OSI dan TCP / IP model. Ini adalah lapisan yang menyediakan antarmuka antara aplikasi yang kami gunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasari atas mana pesan kita ditransmisikan. Protokol lapisan aplikasi yang digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan pada host sumber dan tujuan. Ada banyak protokol lapisan aplikasi dan protokol baru selalu sedang dikembangkan.


Presentation Layer

Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan JPG untuk gambar. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi. 


Session Layer


Fungsi pada lapisan ini menciptakan dan memelihara dialog antara aplikasi sumber dan tujuan. Lapisan Sesi menangani pertukaran informasi untuk memulai dialog, membuat mereka tetap aktif, dan untuk memulai kembali sesi yang terganggu atau idle untuk jangka waktu yang panjang.



Kebanyakan aplikasi, seperti web browser atau e-mail client, menggabungkan fungsi dari lapisan, OSI 5 6 dan 7.


Transport Layer 

Layer yang mendefinisikan managemen dari virtual circuit antar host dalam jaringan yang mengandung rangkain protocol dan permasalahan transprotasi data. Dilayer ini mengatur arus koneksi dan pengendalian error dalam proses pengiriman paket data seperti TCP, UDP dan SPX



Network Layer


layer yang mendefinisikan akhir pengiriman paket data dimana computer mengidentifikasi logical address sepert IP Adreses bagaimana menuruskan / routing (oleh router) untuk siapa pengiriman paket data.Layer ini juga mendefinisikan fragmentasi dari sebuah paket dengan ukuran unit yang lebih kecil. Router adalah contoh yang tepat dari definisi layer ini.



Data Link Layer


layer ini lebih menspesifikan pada bagaimana paket data didistribusikan / ditransfer data melalui media particular, atau lebih yang kita kenal seperti Ethernet, hub dan switches



Physical  Layer


Layer terendah ini mendefinisikan media fisik dari transmisi paket data dimana protocol digunakan seperti Ethernet pinout, Kabel UTP (RJ45, RJ48 dsb) kita bisa perkirakan layer ini tentang kabel dan konektornya.

TCP/IP 

Menyediakan untuk pertukaran informasi pengguna. Protokol ini menentukan format informasi dan kontrol yang diperlukan untuk banyak fungsi komunikasi internet umum.
Ex. TCP/IP :
  1. Domain Name Service Protocol (DNS) digunakan untuk menyelesaikan nama Internet ke alamat IP.
  2. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) digunakan untuk mentransfer file yang membentuk halaman Web dari World Wide Web.
  3. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) digunakan untuk transfer mail dan lampiran.
  4. Telnet, sebuah protokol emulasi terminal, digunakan untuk menyediakan akses remote ke server dan perangkat jaringan.   
  5. File Transfer Protocol (FTP) digunakan untuk transfer file interaktif antara sistem.
Network-Aware Applications



Program perangkat lunak yang digunakan oleh orang untuk berkomunikasi melalui jaringan. Ex. Email dan Browser.

Application layer Services


Program lain mungkin memerlukan bantuan dari layanan lapisan Aplikasi untuk menggunakan sumber daya jaringan, seperti transfer file atau spooling jaringan cetak. Meskipun transparan kepada pengguna, layanan ini program yang antarmuka dengan jaringan dan menyiapkan data untuk transfer. Berbagai jenis data - apakah itu teks, grafik, atau video - membutuhkan layanan jaringan yang berbeda untuk memastikan bahwa itu benar siap untuk diproses oleh fungsi yang terjadi pada lapisan bawah dari model OSI.

The Client/Server model

Dalam model klien / server, perangkat yang meminta informasi disebut klien dan perangkat menanggapi permintaan disebut serverProtokol lapisan aplikasi menggambarkan format permintaan dan tanggapan antara klien dan server.
Resume CCNA 1, Chapter 3 Resume CCNA 1, Chapter 3 Reviewed by Unknown on 9:26 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.